Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Biaya Tambahan dalam Mengambil Kredit di Bank

Wednesday January 27, 2016 10:54:53am oleh Temporary author

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank baik melalui program KTA (Kredit Tanpa Agunan) maupun KMG (Kredit Multi Guna – pinjaman dengan jaminan), maka yang perlu Anda ingat ialah ada biaya-biaya tambahan selain cicilan hutang Anda. Adapun biaya-biaya tersebut antara lain:

1. Biaya Provisi

Pada awal pengajuan, Anda akan dikenakan biaya provisi atau biaya balas jasa kepada pihak bank di luar biaya administrasi. Besaran biaya provisi untuk KTA maupun KMG di setiap bank berbeda. Untuk KTA, biasanya biaya provisi sebesar 1-3,5% dari total kredit. Sedangkan, untuk KMG biaya provisi sekitar 0,5-1,5% persen dari total kredit yang disetujui.

2. Biaya di Muka

Biaya di muka untuk KTA biasanya berkisar 1-5% dari total kredit. Sedangkan, biaya di muka untuk KMG sekitar 1% dari total kredit yang didapat.

3. Biaya Bunga

Jangan lupa jika ada bunga dalam cicilan hutang Anda. Bunga KTA bersifat tetap sedangkan bunga KMG di 6 bulan pertama tetap lalu berubah menjadi fluktuatif yakni mengikuti penetapan bunga dari Bank Indonesia.

4. Biaya Penalti

Biaya penalti adalah biaya yang harus Anda bayar jika melunasi cicilan lebih cepat dari jangka waktu yang telah disepakati. Adapun besaran biaya penalti untuk KTA biasanya sekitar 5-6% dari sisa tagihan Anda. Lalu untuk KMG, besaran biaya penalti biasanya tergantung kesepakatan Anda dengan bank.

5. Biaya Asuransi

Biaya asuransi ini biasanya diikutkan dalam program KMG, karena jumlah pinjaman yang cukup besar dengan jangka waktu pelunasan yang cukup lama sehingga pihak bank ingin meminimalisir resiko yang tak diinginkan kelak. Untuk peminjaman menggunakan KTA, biasanya tidak ada biaya asuransi, tapi tidak menutup kemungkinan ada KTA yang menerapkan biaya asuransi.