Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Cara Mendapatkan Dana Darurat

Tuesday December 22, 2015 4:33:57pm oleh winwin

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara mendapatkan dana darurat, ada baiknya Anda mengetahui pengertian dana darurat terlebih dahulu. Dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan untuk kepentingan mendesak seperti musibah, sakit, bangkrut maupun di PHK. Kisaran dana darurat biasanya 3-5 kali lipat dari total pengeluaran atau pendapatan sebulan. Namun, karena inflasi yang kian meningkat di Indonesia, menyebabkan sebagian orang dan mungkin termasuk Anda tidak bisa mempersiapkan dana darurat.

Ketika keadaan terdesak terjadi, sedangkan uang tabungan Anda tidak mencukupi untuk menangani masalah yang Anda alami, maka ada baiknya Anda coba salah satu langkah berikut ini:

1. Jual Barang Bekas

Jual barang bekas Anda yang sudah tak terpakaii. Alangkah lebih baik barang bekas yang masih layak pakai, agar nilai barang tersebut tidak turun drastis dari nilai aslinya. Barang bekas tersebut tidak hanya berkisar pada barang elektronik saja, melainkan Anda juga bisa buka garage sale yang menjual pakaian bekas layak pakai. Meski nominalnya kecil, tapi akan cukup membantu pemasukan Anda.

2.  Pegadaian

Jika Anda masih sayang dengan barang Anda dan tidak ingin menjualnya, cara ini bisa jadi cara yang efektif. Barang berharga seperti emas atau barang elektronik seperti TV, Laptop atau Handphone dapat Anda gadaikan ke pegadaian. Pilihlah pegadaian yang resmi dan terdaftar, jika Anda ragu dengan pegadaian swasta maka pilihlah pegadaian resmi pemerintahan sehingga Anda merasa aman untuk menggadaikan barang Anda.

3. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan kartu yang ampuh karena dapat digunakan setiap saat ketika keadaan darurat. Pergunakanlah kartu kredit Anda secara bijak, meski Anda sedang mengalami keadaan terdesak tapi usahakan agar tidak sepenuhnya mengambil uang dari kartu kredit. Hal itu dikarenakan, nantinya akan ada tagihan yang harus Anda lunasi beserta bunganya di bulan mendatang. Pada akhirnya, Anda hanya bisa bernafas lega sesaat saja.

4. Pinjam Bank dengan Jaminan

Pinjam bank menggunakan jaminan berharga bisa menjadi pilihan jika Anda mengalami kekurangan dana dengan jumlah yang besar. Bank bisa memberikan jumlah pinjaman yang besar dengan jangka waktu cicilan beberapa tahun, sehingga tidak memberatkan Anda untuk mencicilnya sambil berusaha memulihkan situasi keuangan Anda secara perlahan.

5. Kredit Tanpa Agunan

Jika Anda tidak ingin menjaminkan barang berharga untuk meminjam dana, maka KTA (Kredit Tanpa Agunan) bisa menjadi solusi tepat bagi Anda. Kredit Tanpa Agunan dapat Anda peroleh dari bank atau badan usaha non bank. Proses pengajuannya biasanya lebih mudah dan cepat ,tetapi dana yang dapat Anda pinjam tidak sebesar dana pinjaman menggunakan jaminan. Jadi pilihan ini tepat bagi Anda yang membutuhkan dana darurat dengan skala menengah.

Tidak semua orang mudah mendapatkan dana darurat meski melakukan 5 langkah di atas, terkadang dana darurat yang mereka peroleh masih tidak mencukupi jumlah dana yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan dari sekarang dana darurat untuk masa depan Anda kelak. (Baca juga: Tips- Cara Menabung yang Baik). (hyperlink ke artikel Tips: Cara Menabung yang Baik)