Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Cara Menjalani Bisnis UKM

Tuesday December 22, 2015 4:35:05pm oleh winwin

Setiap orang pasti menginginkan kehidupannya berubah jadi lebih baik termasuk Anda bukan? Salah satu jalan yang ditempuh beberapa orang untuk merubah kehidupannya yakni dengan mulai menjalankan bisnis miliknya sendiri baik itu dalam skala kecil maupun besar. Dalam skala kecil, Anda tentu pernah mendengar istilah UKM (Usaha Kecil Menengah). Banyak yang telah sukses merubah kehidupannya jadi lebih baik melalui bisnis UKM yang mereka tekuni, sedangkan sebagian lainnya masih ragu ingin mulai menjalani bisnis UKM darimana, dan mungkin salah satu dari mereka yang ragu adalah Anda sendiri.

Bagi Anda yang tertarik menjalani bisnis UKM, cobalah tips- tips yang mungkin berguna bagi Anda yang seorang pemula berikut ini:

  1. Kenali bidang apa yang Anda suka

Coba temukan dimana passion Anda berada, misal dalam dunia kuliner, clothing atau design. Pastikan bahwa kelak Anda tidak akan bosan ketika menekuni bidang tersebut, sehingga jika nantinya bisnis itu mengalami pasang surut maka Anda akan tetap menikmatinya. Selain pilih bidang yang Anda sukai, jangan lupa masukkan unsur “kreatif”. Unsur “kreatif” tersebut membantu Anda untuk selangkah lebih maju dari para pesaing Anda.

2. Fokus pada satu bisnis

Setelah mengetahui bidang apa yang Anda sukai, cobalah untuk fokus pada satu bisnis saja terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan merupakan permulaan bagi Anda dalam menjalani bisnis UKM. Cobalah untuk mencermati seperti apa dunia bisnis UKM tersebut, bagaimana persaingannya, bagaimana pasang surutnya dan bagaimana minat konsumen. Ketika bisnis itu sudah mulai stabil, barulah pikiran untuk menjajal bisnis baru bisa Anda coba.

3. Siapkan modal

Modal merupakan hal yang tidak pernah lepas ketika membicarakan sebuah bisnis.  Sesuaikan dana dengan usaha UKM yang akan dimulai, jika dana masih belum tercukup tapi Anda yakin kelak usaha tersebut berkembang, maka cobalah mencari tambahan dana. Tambahan dana  dapat Anda peroleh dengan melakukan pinjaman ke keluarga, sahabat, bank atau badan usaha penyedia jasa keuangan non bank (hyperlink dgn artikel: KTA non Bank Solusi Cepat Dana Pinjaman).

4. Pilih lokasi usaha yang tepat

Tidak semua tempat yang ramai cocok untuk jenis usaha Anda. Misal di tempat ramai seperti kantin sekolah SMP, Anda menjajal untuk menjual makanan dengan harga kantong mahasiswa. Tentu hal tersebut akan memberatkan sebagian besar pelajar SMP, imbasnya makanan yang Anda jual tidak seberapa laku. Oleh karena itu, penentuan lokasi juga merupakan faktor yang penting. Anda harus menimbang  pasar konsumen yang seperti apa yang Anda targetkan untuk menawarkan barang Anda.

5. Perluas jaringan komunikasi

Setelah modal tercukupi, hal yang tak kalah penting ialah perluas link komunikasi Anda dengan siapapun. Hal tersebut bisa saja memberi kemudahan bagi Anda ketika menjalani bisnis UKM. Misal, melalui link yang Anda peroleh, Anda bisa mendapatkan informasi tentang supplier barang yang Anda butuhkan untuk bisnis UKM dengan harga yang relatif murah daripada harga pasaran. Selain itu, dengan jaringan komunikasi yang luas secara tidak langsung Anda telah melakukan promosi untuk bisnis UKM Anda

6. Promosi

Langkah terakhir yang penting bagi kelangsungan bisnis Anda ialah promosi. Di zaman yang serba online ini, makin memudahkan bagi pengusaha untuk memasarkan usaha mereka termasuk Anda. Bagi Anda yang gaptek (gagap teknologi), cobalah untuk belajar mulai mengenal jaringan informasi seperti blog, facebook dan instagram. Ketiga media informasi ini dapat Anda manfaatkan secara gratis untuk memasarkan produk Anda. Selain melalui media online, Anda bisa manfaatkan brosur, iklan, kartu nama dan label product sebagi media promosi.