Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Gajian: Enaknya Beli Apa

Wednesday January 27, 2016 10:53:55am oleh Temporary author

Momen yang paling ditunggu bagi mayoritas pegawai tentu saja adalah saat gajian. Saat gajian tiba, ada beberapa list barang yang siap untuk Anda beli, tapi bingung ingin beli yang mana dulu? Jangan sampai, ketika gaji baru Anda terima, gaji Anda langsung habis seketika hanya karena menuruti nafsu keinginan berbelanja. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Gunakan formula 1234

Saat Anda terima gaji, langsung bagi gaji Anda menjadi persentase 10%, 20%, 30%, dan 40%. Adapun pembagian persentase tersebut antara lain 10% untuk beramal, 20% untuk hiburan, 30% untuk tabungan dan 40% untuk keperluan rutin selama sebulan seperti biaya listrik, air, pulsa, transportasi dan kebutuhan sehari-hari. Jika dirasa kebutuhan Anda melebihi 40% dari total gaji Anda, cobalah siasati untuk mengambil sedikit uang dari jatah hiburan.

2. Buat skala prioritas

Buatlah skala prioritas kebutuhan yang ingin Anda beli. Bedakan antara barang yang memang Anda perlukan atau hanya sebatas keinginan saja. Jika barang yang memang Anda butuhkan terlampau banyak, maka buatlah list barang mana yang diperlukan terlebih dahulu dan barang mana yang bisa ditunda bulan depan.

3. Kurangi kebiasaan hang out terlalu sering

Tak ada salahnya jika Anda ingin menghibur diri setelah lelah selepas bekerja, tapi ingat jangan melebihi budget 20% yang telah Anda anggarkan. Kurangi kebiasaan hang out yang high class, maka uang Anda akan tersimpan dengan baik bahkan bisa masuk untuk tabungan masa depan Anda.


Hidup Anda tidak hanya untuk sebulan saja, masih ada bulan lainnya yang menanti dan bisa saja ada keperluan mendadak dan darurat di bulan tertentu. Jadi cermatlah dalam mengatur gaji Anda, jangan mudah menghamburkan uang hanya demi nafsu konsumtif sesaat.