Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebagai Pinjaman Tanpa Jaminan

Thursday December 17, 2015 3:21:50pm oleh WinWin solutions

Sebagian sumber menyatakan jika momentum cikal bakal Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Indonesia tercantum pada Undang Undang no 10 tahun 1998. Namun, dalam pasal tersebut tidak disinggung sama sekali tentang KTA, terlebih lagi tahun 1998 adalah masa Indonesia mengalami krisis moneter dan beberapa tahun pasca krisis moneter, beberapa Bank tentu tidak berani mengambil resiko dalam memberikan pinjaman tanpa jaminan yang beresiko tinggi. Jika menilik lagi ke belakang, di pasca era tahun 2000-an merupakan awal booming-nya pemakaian kartu kredit yang bersamaan dengan munculnya KTA. Meskipun telah melewati lebih dari 10 tahun kemunculan KTA, tak dipungkiri masih ada saja yang tidak mengetahui tentang apa itu KTA.

Istilah KTA awalnya muncul sebagai produk perbankan, dimana nasabah dapat meminjam sejumlah dana tanpa memberikan barang jaminan kepada bank yang bersangkutan. Pinjaman tanpa adanya jaminan tersebut tentu saja jumlah dananya tidak sebesar jika meminjam menggunakan jaminan. Namun kelebihannya adalah mempermudah calon debitur dalam mendapatkan dana pinjaman.

Biasanya pihak bank akan melihat track record transaksi kartu kredit Anda sebagai calon debitur. Hal tersebut dapat memberikan penilaian apakah Anda nantinya dapat membayar pinjaman beserta bunganya. Namun sayangnya, proses tersebut terkadang memakan waktu yang lama karena pihak bank perlu melakukan analisa pemakaian kartu kredit. Tak jarang, akhirnya proses pengajuan berujung pada gagal approval.

Kekurangan dari proses tersebut dan proses pengajuan yang terkadang rumit, menyebabkan sebagian orang beralih untuk mengajukan pinjaman ke lembaga KTA non bank. Lembaga KTA non bank ini berdiri secara mandiri tapi tetap dalam pengawasan hukum pemerintah. Bunga yang ditawarkan biasanya juga sama seperti bank yakni flat rate kisaran 0,99% per hari. Kemudahan lainnya, proses pengajuan yang lebih simple daripada bank bahkan beberapa lembaga KTA memberikan penawaran pengajuan yang dapat diproses dalam 1 hari jika berkas persyaratan terpenuhi dan dapat diakses melalui online. Sayangnya, kelemahannya terletak pada dana pinjaman yang ditawarkan tentu tidak sebesar program KTA dari bank yang mencapai 3-5 kali gaji. Tapi, tentu hal ini tidak menjadi masalah, karena jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu suka berhutang dan dalam keadaan terdesak, program pinjaman lembaga KTA non bank ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, jika Anda sudah melunasi hutang Anda dengan track record pembayaran yang baik, lalu ingin menjadi repeat customer, maka proses akan lebih mudah bahkan beberapa lembaga KTA menawarkan program potongan atas pinjaman Anda berikutnya. Salah satu program tersebut juga ditawarkan oleh WinWin selaku lembaga KTA non bank yang berdiri secara sah dan menganut hukum di Indonesia.