Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Kartu Kredit bagi Pemula

Friday December 18, 2015 5:32:07pm oleh winwin

Istilah kartu kredit tentu tidak asing bagi sebagian orang, tapi masih ada saja orang yang belum mengetahui tentang apakah kartu kredit itu? Apakah sama seperti kartu ATM atau kartu debit (debit card) ? Keduanya memang merupakan produk kartu keluaran dari bank dan memiliki fungsi yang sama yakni sebagai alat pembayaran. Bedanya, jika kartu debit pengeluarannya diambil dari rekening Anda, sedangkan kartu kredit berarti Anda meminjam uang kepada bank sehingga bulan depannya Anda memiliki tagihan yang harus dibayar.

Adapun bank- bank di Indonesia yang mengeluarkan produk kartu kredit antara lain: Bank BCA, Mandiri, BNI, HSBC, BRI, OCBC NISP, Mega, Citibank, ANZ, BII Maybank, Panin, Bukopin, Sinarmas, UOB Indonesia, AEON, Permata, Standard Chartered, dll. Bank-bank tersebut berikut juga data nasabah dari kartu kredit bank-bank berada dalam naungan Bank Indonesia, sehingga track record  penggunaan kartu kredit dapat dianalisis jika kemudian hari dirasa perlu.

Lalu apa saja peryaratan pengajuan kartu kredit di bank? Pada umumnya, Anda harus melengkapi dokumen- dokumen dan memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Minimal berumur 21 tahun atau 18 tahun bagi yang sudah menikah
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan
  • Mengisi formulir pengajuan Kartu Kredit dari bank
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi slip gaji dilegalisir atau surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  • Melampirkan tagihan Kartu Kredit 3 bulan terakhir (bagi yang sudah memiliki)

Setelah mengetahui apa saja poin-poin persyaratannya, yang perlu Anda ingat jika akhirnya Anda bisa memiliki kartu kredit adalah bijak dalam menggunakan, karena selain Anda membayar  tagihan barang sejumlah harga barang tersebut, Anda juga wajib membayar bunga dan biaya perawatan kartu. Selain itu, jika Anda terlambat membayar, maka tentu akan ada denda pada tagihan Anda di bulan berikutnya.