Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Perlukah memiliki kartu kredit?

Friday December 18, 2015 5:34:08pm oleh winwin

Di zaman yang serba memudahkan kita untuk melakukan transaksi pembelian, kartu kredit pun juga menjadi life style bagi sebagian orang di kota-kota besar. Penggunaan kartu kredit memang memudahkan transaksi pembelian terutama ketika proses jual beli secara online kian marak. Transaksi menggunakan kartu kredit artinya menunda pembayaran dan akan ditagihkan kepada Anda bulan depan, tentunya ditambah dengan nilai bunga jika tagihan tersebut berupa cicilan. Lalu, perlukah Anda memiliki kartu kredit?

Menurut beberapa pakar keuangan dijelaskan bahwa memiliki kartu kredit dirasa perlu. Hal tersebut untuk memudahkan Anda dalam mengatur perencanaan keuangan melalui fitur laporan pengeluaran yang akan dikirim oleh pihak bank kepada Anda. Selain itu, kartu kredit dapat digunakan sebagai alat pembayaran disaat emergency seperti masuk rumah sakit dan Anda sedang tidak membawa uang tunai. Beberapa bank yang mengeluarkan kartu kredit juga sering memberikan promo potongan harga bahkan cicilan bunga 0% bekerjasama dengan beberapa tenant sehingga dapat membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat.

Penggunaan kartu kredit tidak hanya berkisar tentang transaksi jual beli, melainkan juga dapat memberikan kemudahan bagi Anda jika ingin mengajukan pinjaman kepada bank untuk modal usaha/ bisnis. Mengapa dapat dikatakan mudah? Karena data Anda sudah tercantum di Bank Indonesia, dan dengan mudah track record pembayaran Anda dapat dianalisis. Jika track record pembayaran Anda baik, maka kemungkinan pengajuan Anda berhasil juga kian besar.

Terlepas dari berbagai kemudahan kartu kredit, tentu tidak luput dari adanya kekurangan. Transaksi jual beli yang mudah, terkadang dapat membuat Anda lupa telah melakukan banyak transaksi hingga melebihi gaji Anda. Tentu saja meski transaksi yang melebihi gaji tersebut bisa dicicil per bulan, tapi jangan lupa dengan bunga cicilan tiap bulannya yang berkisar antara 1- 3% tergantung dari bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda. Ketika Anda mulai terjerat tagihan dengan bunga yang menumpuk, dan mengalami kesulitan untuk membayar, maka dapat menjadi potensi nama Anda menjadi blacklist pelanggan di data Bank Indonesia. Selain itu, adanya biaya perawatan tahunan dari kartu kredit meski tidak seberapa tapi jika dikali per tahun cukup lumayan berkisar ratusan ribu. Meski, beberapa bank menawarkan kartu kredit dengan free biaya perawatan kartu tahunan, tapi ingat biasanya bebas biaya tersebut berlaku dalam tahun pertama saja, tahun-tahun berikutnya tentu Anda yang menanggung.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan memiliki kartu kredit. Lantas bagaimana menurut Anda jawaban yang tepat ketika diberi pertanyaan serupa terkait perlukah memiliki kartu kredit? Bagi penulis, memiliki kartu kredit kembali lagi kepada individunya, jika Anda termasuk orang dengan mobilitas dan kebutuhan yang tinggi, maka memiliki kartu kredit bisa menjadi pilihan Anda untuk memudahkan aktivitas. Tentu saja, tetap gunakan kartu kredit secara bijak, jika perlu buatlah note atau menyimpan history transaksi dan membuat alarm deadline pembayaran tagihan bulanan untuk menghindari jebakan batman dari membengkaknya tagihan dan bunga.