Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Tips Aman dan Cerdas Belanja Online

Friday January 8, 2016 5:08:17pm oleh W

Seiring dengan perkembanggan teknologi, beberapa kalangan mulai mengurangi cara berbelanja konvensional dan beralih ke situs belanja online yang kian menjamur. Hanya dengan “Klik!”, maka barang yang diinginkan sudah bisa dimiliki dengan mudah. Kemudahan inilah yang kadang membuat pengeluaran pembeli kian membengkak saat berbelanja online. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar dapat berbelanja online secara aman dan cerdas.

Seleksi Barang

Akan lebih baik jika barang yang dicari sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Pelajari perincian barang yang diiginkan, baik dari segi harga, bentuk dan material. Sebaiknya jangan mudah tergiur oleh penawaran barang namun tidak sesuai kebutuhan. Kontrol diri sangat dibutuhkan saat berhadapan dengan situs online terutama dengan penawaran menarik.

Pastikan bahwa website yang Anda pilih terpercaya

Pastikan bahwa Anda memilih situs yang mencantumkan alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Hal ini dilakukan supaya Anda terhindar dari modus penipuan belanja online oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, browsing juga ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di situs itu sebelumnya. Tanggapan pelanggan yang positif adalah tanda bahwa situs ini memang terpercaya. Jika ada ulasan negatif, pertimbangkan seberapa profesional situs tersebut menanggapinya. Penting untuk Anda ketahui juga situs yang aman adalah situs yang mempunyai SSL (Secure Sockets Layer). Situs yang punya SSL pasti diawali dengan “https://”. Ketika kamu mengaksesnya, akan ada simbol gembok di ujung status bar pencarianmu. Jadi, kalau Anda buka situs belanja online yang tidak bertanda gembok, jangan pernah membeli apapun dari situs tersebut.


Jasa Pengiriman Barang

“Kalau ada yang gratis mengapa harus yang bayar?” Sudah banyak situs online yang menawarkan free delivery  untuk wilayah tertentu atau seluruh Indonesia. Untuk pembelian barang besar dan jarak pengiriman yang jauh, hal ini sangatlah berpengaruh dalam memangkas pengeluaran belanja.

Garansi Produk

Kekecewaan dapat muncul saat barang diterima, mungkin tidak sesuai dengan pemesanan,  rusak, ukuran tidak sesuai, dll. Jika hal ini terjadi tentu bukan belanja hemat namanya terlebih saat barang yang diterima tidak dapat dikembalikan karena alasan tersebut. Oleh karena itu pastikan memilih barang yang ada jaminan pengembaliannya untuk menyempurnakan langkah belanja secara hemat.

Simpan bukti transaksimu

Langsung simpan dengan baik bukti transaksi yang kamu punya. Jangan biarkan tercecer dan hilang. Selain itu, simpan juga data tentang deskripsi produk dan harga, kwitansi digital, serta salinan percakapan elektronik antara kamu dan si penjual. Ketika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan, maka kamu bisa minta ganti rugi dengan gampang.