Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

Tips: Cara Menabung yang Baik

Tuesday December 22, 2015 4:32:32pm oleh winwin

Anda pasti sudah tak asing dengan kalimat berikut : “Gemarlah menabung sejak dini”. Ya, kata-kata tersebut pasti sering Anda dengar tidak hanya dari orangtua melainkan juga dari guru Anda. Sedari kecil, Anda didoktrin untuk gemar menabung, membiasakan diri untuk berhemat demi masa depan Anda kelak.

Kenyataannya kebiasaan menabung ini tak semudah yang diucapkan, acapkali ketika saat pertama  mulai menabung maka Anda akan giat menyisihkan uang Anda, tapi lambat laun Anda tergoda untuk mengambil uang Anda entah untuk keperluan mendesak atau hanya sekedar untuk membelanjakan barang- barang. Alhasil, uang yang telah Anda tabung tidak membuahkan hasil hingga akhirnya habis. Oleh sebab itu, kini Anda mencari upaya bagaimana cara menabung yang baik agar kebiasaan buruk menghabiskan uang tabungan tidak terulang lagi. Berikut ini, langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengatur keuangan Anda dengan cara menabung yang baik:

1. Catat Pengeluaran Anda dalam Sebulan

Sebelum Anda menyisihkan uang, sebaiknya Anda perlu mencatat terlebih dahulu pengeluaran selama sebulan. Jangan sampai Anda mengalami kondisi dengan istilah “Besar Pasak daripada Tiang” (besar pengeluaran daripada pemasukan) . Bedakan antara kebutuhan dan keinginan, buang juga rasa malu. Maksud dari malu disini ialah, terkadang kita membeli sesuatu bukan karena ketika butuh melainkan karena sekedar mengikuti trend saat ini. Ingat, hidup Anda tidak hanya untuk hari itu saja.

2. Jangan Simpan Uang di Rumah

Setelah Anda menganggarkan pengeluaran , maka langsung sisihkan uang yang akan Anda tabung. Sebaiknya jangan simpan uang di rumah, karena selain membuat Anda tergoda untuk mengambilnya, tak menutup kemungkinan juga dapat mengundang orang lain untuk tergoda mengambil uang Anda.  Simpanlah uang Anda di Bank, agar Anda lepas dari perasaan cemas. Kini beberapa bank juga menawarkan program bebas biaya bulanan dengan bunga yang lumayan.

3. Buatlah Beberapa Rekening yang Berbeda untuk Keperluan Anda

Buat rekening yang berbeda dapat membantu Anda untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Misal, Anda dapat membuat rekening khusus untuk payroll, rekening khusus untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening khusus untuk tabungan. Rekening untuk kebutuhan sehari-hari usahakan berasal dari bank yang mudah diakses dimanapun Anda pergi, tentu saja Anda tak ingin kehabisan uang di saat yang diperlukan bukan? Lalu untuk rekening khusus tabungan, usahakan Anda memilih bank yang tidak terlalu banyak cabangnya agar Anda tidak tergoda untuk mengambil uang di rekening khusus tabungan masa depan Anda.

4. Investasikan Uang Anda

Jika Anda ingin menabung uang secara aman, selain melalui bank, Anda bisa menginvestasikannya dengan cara membeli tanah atau emas. Hal tersebut dipercaya ampuh, karena harga tanah atau emas, tiap tahun naik. Jangan investasikan uang Anda untuk keperluan membeli barang elektronik, karena harga barang elektronik terus menurun.

5. Mulailah dari sekarang dan Disiplin

Dari ke empat langkah di atas, akan terasa percuma jika tidak segera Anda realisasikan. Mulailah dari sekarang, tak perlu menunggu hingga nanti, karena waktu akan terus bergulir dan tanpa Anda sadari nantinya Anda tidak memiliki tabungan untuk masa depan dan hari tua Anda. Jangan lupa untuk tetap disiplin dengan kebiasaan menabung Anda yang baik, godaan akan selalu datang tapi Anda akan dapat melewatinya jika tetap disiplin. Do not save what is left after spending, but spend what is left after saving.