Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

TIPS: CARA MENGHEMAT BIAYA PERNIKAHAN

Friday January 8, 2016 12:05:04pm oleh WinWin

Apa resolusi Anda tahun ini? Sukses dalam karir? Atau ingin melangkahkan kaki ke jenjang pernikahan bersama pasangan Anda? Jika jawabannya menuju jenjang pernikahan, maka tentu mulai sekarang Anda harus mulai menyiapkan uang untuk biaya pernikahan. Selain itu, Anda pasti ingin mengetahui bagaimana cara menghemat biaya pernikahan agar tidak over budget. Mungkin langkah-langkah berikut ini bisa Anda jadikan referensi dalam menghemat biaya pernikahan Anda kelak.

1. Pangkas shortlist daftar tamu pernikahan Anda

Jumlah tamu sangat mempengaruhi jumlah pengeluaran pernikahan Anda karena berpengaruh pada undangan, makanan hingga souvenir. Makin sedikit undangan, maka otomatis pengeluaran pun akan menjadi lebih sedikit. Undanglah kerabat terdekat dan sahabat-sahabat Anda yang ingin Anda ajak untuk bersama menikmati momen berharga Anda. Jumlah tamu yang sedikit juga akan menambah kesakralan acara.

2. Buat undangan online

Di zaman yang serba praktis ini, Anda juga dapat membuat undangan online untuk menghemat biaya percetakan undangan. Tak jarang, undangan dalam bentuk hardcopy akan berujung di tong sampah. Oleh karena itu, Anda bisa mulai beralih ke undangan online dengan bantuan aplikasi pembuatan undangan online atau aplikasi editing video/ foto seperti corel atau photoshop. Anda bisa sebarkan link undangan website atau video invitation kepada sahabat dan kerabat melalui bantuan sosial media maupun media instant messaging seperti bbm, whatsapp, dll.

Jika tak semua kenalan Anda paham akan media online atau Anda takut dianggap kurang sopan jika undangan tersebut untuk atasan Anda, maka Anda bisa membagi daftar undangan yang diberi undangan hardcopy dan undangan online. Dengan begitu, jumlah uang yang dikeluarkan untuk percetakan undangan akan lebih hemat.

3. Usahakan menghemat biaya sewa tempat

Konsep pernikahan indoor membutuhkan gedung pernikahan sebagai tempat penyelenggaraan acara. Biaya sewa gedung pernikahan semakin tahun akan semakin meningkat, ditambah lagi jika acara pernikahan Anda diselenggarakan dalam bulan-bulan yang ramai dengan jadwal pernikahan. Otomatis, permintaan pemakaian gedung semakin meningkat dan biaya sewa bisa naik. Siasati biaya sewa gedung dengan cara menikah di bulan-bulan yang sepi pernikahan atau booking gedung pernikahan jauh-hari, karena biasanya ketika booking maka akan mengikat harga sewa yang lebih murah. Konsep indoor hemat, juga dapat Anda dapatkan dengan sewa hall salah satu hotel dengan catatan jika tamu undangan Anda tidak terlalu banyak, misal berkisar 100-250. Kini hotel saling bersaing untuk memberikan harga yang terjangkau, komplit dengan dekorasi, catering, mc, pengisi acara hingga kamar pengantin.

Konsep lain untuk menghembat biaya sewa tempat ialah menggunakan konsep outdoor. Anda dapat memanfaatkan kebun belakang rumah keluarga, kerabat atau sahabat Anda. Konsep outdoor selain hemat, juga memberi kesan yang tak terlupakan bagi tamu undangan Anda. Jika Anda atau kenalan Anda tidak memiliki kebun yang memadai, maka Anda bisa sulap area sekitar rumah Anda untuk menjadi venue pernikahan Anda. Minta bantuan teman yang suka mendekorasi agar merubahnya menjadi venue yang istimewa di hari pernikahan Anda. Selain itu, jika Anda merancangnya sendiri maka proses perancangan konsepnya akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi Anda dan pasangan.

4. Pangkas Budget Catering

Budget catering kerap kali menjadi pengeluaran yang paling besar jumlahnya dalam sebuah pernikahan. Ingin budget catering hemat tapi juga tak ingin tamu kecewa dengan makanan yang Anda sajikan di hari pernikahan? Menghadirkan gerobak langganan Anda yang rasanya tentu sudah menjadi favorit bisa jadi solusi budget catering yang lebih murah. Anda bisa menghadirkan penjual bakso, soto, ketoprak, es teller yang rasanya bintang lima dengan harga kaki lima. Selain hemat, juga akan memberikan kesan unik dan friendly di hadapan tamu Anda. Supaya menarik, Anda bisa membelikan seragam bagi penjual tersebut dan mengatur dengan posisi yang pas di sudut-sudut venue pernikahan Anda.

5. Souvenir

Souvenir yang berkesan bagi tamu undangan tak harus mahal. Anda bisa memikirkan sesuatu yang bermanfaat bagi tamu Anda seperti cookies, bibit tanaman atau sendok dan garpu. Memberikan souvenir yang tak dapat difungsikan hanya akan berujung pada pengisi lemari pajangan di rumah bahkan tong sampah.

Kini Anda setidaknya telah mengetahuih 5 tips untuk menghemat biaya pernikahan Anda. Ingat, bijaklah dalam menganggarkan pengeluaran pernikahan, karena kehidupan Anda  pasca menikah masih panjang. Pesta megah bukan jaminan kebahagiaan pasca menikah. Jadi, selamat merencanakan dan mencobanya!