Permintaan anda sedang kami proses
Loan Lending Charity About Contact News FAQ Privacy Policy Business Loan Login
Login Loan Lending How it Works Charity About Contact News FAQ Privacy Policy

TIPS: KIAT-KIAT JITU DALAM WAWANCARA

Thursday January 14, 2016 11:36:53am oleh WinWin

Sudah gagal dalam wawancara berulang kali? Mungkin ada yang salah dalam persiapan wawancara kerja Anda. Sebaiknya Anda simak kiat-kiat berikut ini agar sukses dalam wawancara kerja:

1. Kenakan Pakaian yang Sopan dan Layak

Meski dalam wawancara kerja, Anda mengandalkan keahlian yang Anda miliki, tapi jangan lupa untuk tetap mengenakan pakaian yang layak dan sopan. Bagi sebagian para pewawancara kerja, penampilan juga masuk dalam kategori penilaian. Jangan kenakan kaos dan celana jeans, karena akan terkesan Anda meremehkan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini juga berlaku dalam wawancara jarak jauh seperti via skype.

2. Cari informasi tentang Perusahaan

Biasanya dalam sebuah wawancara kerja, Anda juga akan diberi pertanyaan tentang mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan bersangkutan. Selain itu, biasanya akan diberi pertanyaan kontribusi apa yang dapat Anda berikan terhadap perusahaan. Agar Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentunya Anda harus menyiapkan amunisi, bisa dengan cara cari informasi via media online atau tanya teman dan kerabat yang pernah atau sedang bekerja disana.

3. Jawablah Pertanyaan dengan Singkat dan Padat

Usahakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tanpa berbelik-belit, singkat tapi tepat sasaran. Hal itu akan memberikan nilai lebih bagi Anda karena Anda akan dianggap sebagai orang yang cepat tanggap, solutif dan berwawasan luas.

4. Jangan Malu untuk Melakukan Kontak Mata

Anda pasti mengalami grogi ketika diwawancarai, tapi jangan sampai hal itu membuat Anda terus menunduk ke bawah atau memalingkan wajah dari pewawancara. Meski grogi, setidaknya lakukan kontak mata sesekali atau jika Anda cukup percaya diri, terus lakukan kontak mata dengan pewawancara karena itu menandakan Anda antusias dengan pekerjaan yang Anda lamar.

5. Siapkan Pertanyaan yang akan Anda Ajukan terkait Pekerjaan atau Perusahaan

Di akhir wawancara kerja, biasanya Anda akan diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan, jika perlu siapkan pertanyaan yang akan Anda ajukan agar terkesan Anda memang ingin bergabung dengan perusahaan tersebut. Adapun pertanyaan yang dapat Anda ajukan seperti jenjang karir pekerjaan yang Anda lamar, pelatihan khusus dari perusahaan untuk kemajuan perusahaan, rencana masa depan perusahaan, dan lainnya.


Good Luck!